Resep Susu Kedelai Cokelat Enak dan Sehat

resep susu kedelai coklat

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep susu kedelai cokelat enak dan sehat. Susu kedelai adalah minuman yang kaya akan protein yang terbuat dari kacang kedelai. Selain itu, banyak yang digunakan sebagai alternatif susu sapi di negara-negara Barat lho, susu kedelai juga memang banyak dikonsumsi di Asia juga. Dan susu kedelai disebut juga soy milk, soya milk, minuman kedelai, atau pun jus kedelai.

Resep Susu Kedelai Cokelat

resep susu kedelai cokelat

Bahan-bahan:

  • Dark chocolate 80 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Vanili bubuk 1 sendok teh
  • Coklat bubuk 1 sendok teh (tidak manis yah)
  • Susu kedelai tawar 1 liter
  • Kayu manis 1 cm
  • Bubuk pala 1/2 sendok teh

Cara Membuatnya:

  1. Panaskan susu kedelainya sampai mendidih, lalu bisa di angkat.
  2. Masukkan vanili, kayu manis, bubuk pala dan dark chocolate, aduk sampai coklat mencair dan tinggal di campurkan yah.
  3. Masukkan gula pasir dan masak kembali sampai gula larut.
  4. Tambahkan coklat bubuk dan masak sebentar.
  5. Angkat dan bisa langsung sajikan

Manfaat dari Kedelai

1. Antioksidan

Kedelai ternyata mengandung senyawa yang disebut isoflavon, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lho. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel-sel dan juga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan juga proses tubuh yang memang normal.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Ternyata pada protein dan juga isoflavon yang telah hadir didalam kedelai, dan ternyata untuk membantu dalam menguranginya kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta penurunan yang kemungkinan besar adanya pembekuan pada darah. Hal ini saat pada gilirannya, dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan juga stroke. Para peneliti menunjukkan, bahwa mengkonsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai dengan selama sembilan minggu yang mengakibatkan pada penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

3. Mencegah kanker

Ternyata isoflavon juga bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker juga lho. Dan juga melindungi tubuh dari kanker hormon seperti yang dari rahim, payudara dan juga prostat.

4. Membalikkan efek endometriosis

Ternyata kedelai juga dapat membantu dalam menunda aksi estrogen yang alami pada tubuh kita, dan juga yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau juga mencegah adanya rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan juga gejala yang lainnya pada seorang wanita.

5. Mencegah osteoporosis

Protein pada kedelai pun membantu dalam penyerapan yang lebih baik pada kalsium dalam tulang. Dan isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai ini yang berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan juga menghambat kerusakan pada tulang yang gilirannya akan mencegah osteoporosis.

6. Mengatasi gejala menopause

Dan kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian ini telah menemukan bahwa isoflavon kedelai memang dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) dan pada wanita menopause.

7. Memberi efek baik untuk diabetes dan juga sakit ginjal

Pada protein dan juga serat yang telah larut ke dalam kedelai, ternyata untuk mengatur kadar glukosa darah dan juga filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal juga lho.

8. Menjaga berat badan

Pada kandungan serat yang tinggi pada kedelai memang sebagai alat untuk manajemen (mengatur) pada berat badan. Ini merupakan indeks glisemik rendah (GI) makanan yang memang mengatur gula darah dan juga fluktuasi insulin. Sehingga bisa membantu untuk mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu kalian dalam proses penurunan berat badan lho.

Sejarah Susu Kacang Kedelai

Susu kacang kedelai merupakan (lebih tepatnya adalah Sari Kedelai) memang semacam minuman yang dibuat dari bahan kacang kuning, dan mendapat namanya karena minuman yang satu ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga memang dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Dan ternyata susu kacang kedelai ini lazim sebagai hidangan sarapan pagi lho, bersama dengan penganan yang lainnya seperti youtiao.

Susu kacang memang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Dan ternyata susu kacang kedelai yang terkadang disebut susu kedelai ataupun susu kacang yang telah ada di negara Tiongkok lho, dengan selama ribuan tahun, tepatnya pada tahun 1900 tahun yang lalu. Demikian tadi bagaimana resep susu kedelai cokelat enak dan sehat, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.