Resep Teh Tarik Jelly Untuk Jualan yang Sangat Nikmat

kali ini saya akan membuat artikel tentang resep teh tarik jelly untuk jualan, sedikit tentang pengertian dan juga manfaatnya.

eh tarik adalah minuman manis berupa campuran teh dan susu yang lazim ditemukan di daerah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Minuman ini biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura, yang menjadikannya sebagai minuman nasional negara tersebut.

Di Indonesia, minuman ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, antara lain, di Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, dan Aceh.

eh tarik secara harfiah berarti “teh yang ditarik,” karena seperti itulah yang dilakukan pengrajin teh ini di kedai mamak India ketika membuat minuman teh tarik. Teh dan susu dituangkan melalui udara antara dua cangkir, terus-menerus sampai mencapai tekstur yang kaya dan berbusa.

Pembuat teh tarik yang terampil bagaikan seniman, tidak pernah menumpahkan setetes pun teh yang sedang dibuatnya. Lebih dari sekadar kecakapan memainkan pertunjukan dan tradisi,

menuangkan teh tarik melalui udara bermaksud untuk mendinginkan teh dan menghasilkan lapisan berbusa di permukaan minuman.

Minuman ini berupa teh yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya (dilempar-lempar). Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya menjadi semakin pekat dan aromanya keluar.

Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena kandungan gula di dalam air teh.

1. Resep Teh Tarik Jelly Untuk Jualan

resep teh tarik jelly untuk jualan

Bahan-bahan

  • 3 bngks teh tubruk(kl sy merk botol yg ijo)
  • Jelly(nutrigel plant 2 bngks dn ager palnt 1bngks)
  • Gula pasir(1 kg..selera)
  • 1 kaleng Creamer
  • 1 kaleng skm
  • 4-5 ltr Air
  • Botol jus

Cara Membuat

  1. Pertama kita buat dulu untuk jellynya..rebus 4 gelas air..tmbhkn teh tubruk 1 bngkus tmbhkn gula(manis selera)..kalo sudh menddih matikn kompor..biarkan dingin..dan buat ager pk air rebusan teh(setelah dingin potong” sesuai selera yaa
  2. Rebus air 5 ltr masukkn teh..gula..tunggu sampe mnddih..dan biarkan sampe dingin..
  3. Setelah dingin kita saring air teh(tips biar tidk ada butiran”teh..saring pk kaain) masukkn creamer dan Skm nya..tes rasa..sambil di tarik” smpe agak berbusa yaa..untuk menghasilkn cita rasa teh tarik
  4. Siapkan btol dan masukkn 2 sdm jelly nya dan kemudian masukkn Teh nyaa..lakukn smpe habis..lebih enak disajikan dingin..masukkn frizer/pk es batu……. in syaa allaah akan mndptkn rasa yg beda…manis legit..

Manfaat Teh Tarik

1. Mengurangi stres

Melansir organicfacts.net, teh dan susu memiliki sifat menenangkan yang bisa membantu mengurangi stres. Dalam buku Psychopharmacology terbitan tahun 1997, menemukan jika teh dapat melepaskan endorfin dan menormalkan kembali kadar hormon stres.
2. Mengobati penyakit kronis
Seperti yang sudah disebutkan, teh kaya akan antioksidan; seperti katekin dan antioksidan lainnya. Dalam hal ini, antioksidan juga memiliki peran untuk membantu mencegah penyakit kronis serta efek negatif akibat stres.
Hal ini pun sudah diteliti dalam buku “Food Chemistry” tahun 2006. Buku tersebut menunjukkan, pada beberapa jenis antioksidan jumlahnya menurun akibat percampuran teh dengan susu. Namun, bukan berarti hilang, lho, antioksidan masih bisa diserap tubuh hanya saja jumlahnya tidak maksimal.
3. Menurunkan berat badan
Teh dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi jumlah kalori yang dapat berpengaruh terhadap berat tubuh. Menurut jurnal terbitan PubMed tahun 2004, teh hijau dapat mengatur jumlah kalori dan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, berat badan secara perlahan dapat menurun.
Agar tak menambah lemak, jika ingin meminum teh susu gunakanlah susu kedelai atau susu almond yang rendah lemak. Sehingga, kamu masih bisa menikmati teh susu kesukaanmu tanpa takut bertambah gemuk.