rincian modal buah

Rincian modal buah merupakan hal utama yang harus diperhitungkan apabila akan memulai usaha jus buah. Banyak masyarakat yang tertarik untuk membuka usaha jus buah. Itu merupakan fenomena yang cukup bagus.

Tetapi orang yang ingin membuka usaha jus buah paling banyak hanya terbuai dengan informasi boombastis mengenai jus buah ini yang katanya sangat menguntungkan.

Padahal hal tersebut juga tergantung bagaimana cara Anda mengelola kedai jus buah Anda dan teknik yang digunakan untuk menarik pelanggan. Banyak artikel yang memperhitungkan keuntungan dari usaha jus buah dengan narasi yang berlebihan.

Seolah-olah tentang potensi keuntungan yang ditawarkan saja. jarang membicarakan tentang sulitnya merintis di awal usaha. Biasanya pada artikel tersebut berasumsi bahwa penjualan bisa mencapai 40-50 cangkir per hari.

Pada kenyataannya menjual jus buah dengan target puluhan cup sehari tidak semudah itu. Anda harus menekuni dan menjalankan usaha jus buah ini dengan sungguh-sungguh agar mencapai target tersebut.

Baca juga : Simak Mengenai Perlengkapan Buka Usaha Jus Buah yang Perlu Anda Ketahui!

 

Rincian Modal Usaha Jus Buah

rincian modal buah

Usaha jus buah jika dilihat dari fokus produk yang dijual, dapat menjadi dua model. Pertama menjual jus buah saja tanpa menjual produk lain dan yang kedua menjual jus sebagai pelengkap penjualan makanan.

Pada pembahasan artikel kali ini akan lebih fokus pada model yang hanya menjual jus buah saja tanpa produk yang lain. Maksud dari hal ini yaitu untuk memudahkan perhitungan dan pembahasannya lebih terfokus terlebih pada bagian rincian modal buah.

Persiapan Biaya Usaha Jus Buah

rincian modal buah

Sama seperti usaha lainnya, modal usaha jus buah juga dapat dibagi menjadi beberapa pos kebutuhan. Pos tersebut di antaranya pembuatan dan persiapan lapak, perlengkapan produksi, bahan produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Pembahasan kali ini akan lebih fokus mengenai biaya operasional usaha jus buah.

Biaya Operasional

Biaya operasional terdiri dari bahan produksi, upah pegawai, dan juga keperluan listrik serta air untuk operasional harian. Macam bahan produksinya yaitu buah-buahan, air galon, es batu, gula, dan lain sebagainya.

Buah-buahan dijual dengan harga yang beragam. Anda perlu mencari pemasok buah untuk berlangganan sehingga mendapat harga yang lebih murah dari harga pasar. Mencari pemasok buah yang berkualitas memang bisa dibilang susah-susah gampang.

Bisa juga Anda melakukan kerja sama dengan petani buah dari daerah terdekat. Carilah informasi pemasok melalui online atau search google.

Selain agar harganya lebih murah, hal ini penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan kualitas produk jus yang akan Anda jual kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Sebelum memutuskan itu, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai pemasok buah-buahan secara detail, baik dari segi kualitas buah maupun kinerja distribusi buah yang sudah profesional.

Pastikan buah yang dihasilkan dari pemasok buah tersebut adalah buah yang segar dan berkualitas. Kesegaran buah sangat berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan oleh jus buah. Jus buah yang berasal dari buah segar akan menghasilkan rasa yang enak dan lezat.

Berbeda dengan jus buah yang berasal dari buah yang busuk atau tidak segar. Rasanya akan cenderung hambar dan tidak enak untuk dinikmati. Pelanggan yang jelas akan lebih memilih membeli jus buah di kedai yang menyediakan jus buah dengan menggunakan buah yang masih segar.

Listrik diperlukan untuk menghidupkan peralatan yang membutuhkan aliran listrik seperti blender dan mesin cup sealer. Sementara air digunakan untuk campuran pembuatan jus buah dan mencuci buah.

Perlu diasumsikan berapa besar kira-kira volume penjualan dalam sehari dalam perhitungannya. Dalam perhitungan ini diumpamakan dalam sehari volumenya rata-rata 20 gelas, maka dalam sebulan kira-kira penjualannya mencapai 600 gelas.

Berikut rincian kebutuhan dalam sebulan :

Aneka buah (per bulan) = Minimalis : Rp. 500.000,-, Non Minimalis : Rp. 800.000,-

Cup (600 cup) = Minimalis : Rp. 300.000,-, Non Minimalis : Rp. 360.000,-

Sedotan (600 buah) = Minimalis : Rp. 60.000,-, Non Minimalis : Rp. 120.000,-

Gula, Madu, dan Susu (per bulan) = Minimalis : Rp. 400.000,-, Non Minimalis : Rp. 600.000,-

Es batu (2-3 bungkus per hari) = Minimalis : Rp. 150.000,-, Non Minimalis : Rp. 180.000,-

Air (1 galon 2-3 hari) = Minimalis : Rp. 150.000,-, Non Minimalis : Rp. 450.000,-

Listrik = Minimalis : Rp. 200.000,-, Non Minimalis : Rp. 500.000,-

SDM atau Pegawai = Minimalis : Rp. 700.000,-, Non Minimalis : Rp. 1.500.000,-

Total biaya = Minimalis : Rp. 2.460.000,-, Non Minimalis : Rp. 4.510.000,-

Biaya tersebut merupakan biaya apabila Anda memproduksi 500 cup dalam sebulan. Dari jumlah tersebut dibagi per satu cup biaya produksinya sekitar Rp. 4.900,- untuk minimalis, serta Rp. 9.000,- untuk non minimalis.

Itulah rincian mengenai biaya operasi usaha jus buah. Semoga membantu Anda dalam menghitung biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha jus buah.