Sejarah Cheese Cake yang Belum Banyak Orang Tau!

Sejarah Cheese Cake

Siapa yang tidak mengenal cake yang berbahan dasar olahan cheese ini? Cheese cake adalah cake yang mulai dikenal masyarakat pada sekitar tahun 2000an yang pada awalnya hanya terkenal dengan satu varian yaitu strawberry cheesecake dan tidak banyak took kue yang menjualnya. Semakin lama perkembangan cheesecake makin diterima semua kalangan dan mulai disukai banyak orang. Banyak orang yang sudah mulai melupakan cake lain semacam tirmasu, blackforest, marmer cake atau cake lainnya.

Sejarah Cheese Cake

Semenjak kehadiran cheesecake eksistensinya sampai sekarang masih patut di acungi jempol , karena perkembangangnnya sangat pesat dan diterima di pasaran semua kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai menengah. Dari olahan cake, icecream, dan dessert lainnya yang berbahan dasar cheesecake.

Setelah kemunculan strawberry cheesecake , maka mulai muncul lah blueberry cheesecake, lalu ada oreo cheesecake dan banyak varian lainnya. Lalu cheesecake yang berbahan dasar cream cheese juga diolah lagi menjadi cake dalam bentuk yang berbeda seperti yang kita kenal dan sangat fenomenal di tahun 2011 awal adalah red velvet dan rainbowcake.

Tapi apakah kita tahu siapa penemu dan pencetus ide pertama cake yang berbahan dasar keju ini atau sering kita sebut cheesecake, sehingga menjadi favorit semua orang sampai sekarang?Cheese cake merupakan makanan terkenal sejak zaman Yunani kuno. Ketika Romawi menaklukkan Yunani, rahasia resep cheese cake pun jatuh ke tangan Romawi.

Bangsa Romawi memberi nama jenis kue ini (yang diperoleh dari istilah Yunani) dengan sebutan placenta. Placenta kurang lebih sama dengan cheese cake, dipanggang pada alas pastri atau kadang di dalam kantong pastri. Kue ini juga disebut libum oleh orang Romawi dan sering digunakan sebagai persembahan kepada dewa-dewa di kuil.

Resep Libum

Sejarah Cheese Cake

diciptakan oleh politikus Romawi bernama Marcus Porcius Cato (234 – 149 sebelum Masehi). Bahannya adalah sebagai berikut: 910 gr keju dihancurkan di dalam lesung. Setelah lembut, tambahkan 455 gram roti gandum atau jika ingin lebih ringan, hanya 227,5 gram roti gandum. Masukkan sebutir telur, aduk, kemudian adonan dialasi daun dan dimasak dengan api kecil di bawah tungku bata.

Catatan sejarah juga menunjukkan, potongan cheese cake menjadi santapan para atlet selama pertandingan Olimpiade pertama yang diadakan pada tahun 776 sebelum Masehi di Pulau Delow. Tahun 230 sesudah Masehi, menurut John J. Sergreto, penulis buku Cheesecake Madness, resep dan bahan-bahan dasar cheese cake pertama disimpan oleh Athenaeus, penulis Yunani.

Resepnya adalah: Ambil keju, hancurkan sampai lembut, ayak keju, lalu tambahkan madu, dan campurkan dengan tepung terigu. Panaskan dalam jangka waktu tertentu, setelah dingin baru dihidangkan.Saat ini ada ratusan ragam resep cheese cake. Yang membuat satu cheese cake berbeda dari cheese cake lainnya adalah adonan bahan-bahan yang digunakan. Bahan yang paling utama di dalam setiap cheese cake adalah keju (yang paling umum digunakan adalah keju krim, Neufchatel, keju cottage, dan ricotta).

Semoga keterangan yang saya berikan di artikel ini bisa berguna untuk anda semua ya.Saya juga membuat artikel tentang  beberapa cara atau resep cheese cake yang bisa kamu buat di rumah dengan keluarga atau dengan teman- teman sekalian,ini lah beberapa macam resep atau cara untuk membuat cheese cake menurut saya sebagai berikut,Resep Cheese Cake Lumer , dan resep cheese cake lumer strawberry.Nah itu lah beberapa resep atau cara membuat cheese cake dari saya …terimakasih.