Strategi Pemasaran Bisnis Online Agar Usahamu Semakin Maju

 

Strategi Pemasaran Bisnis OnlineStrategi Pemasaran Bisnis Online Lingkup yang luas, dan jumlah pengguna internet di seluruh dunia patut jadi bahan pertimbangan untuk kita yang ingin memulai bisnis digital.

Dibawah ini akan ada beberapa strategi pemasaran secara online yang patut diketahui dalam bisnis digital, agar bisnis kamu bisa semakin lancer dalam berjalan.

Mempromosikan Merk

Bila ingin sukses berbisnis, maka kekuatan brand atau merek sangat penting. Merk yang sudah dikenal publik itu lebih mudah untuk kita jual.Itu tadi yang dimaksud dengan kekuatan merk. Dalam bisnis digital hal ini juga sesuatu yang sangat penting karena dengan search result merk kamu akan keluar di google bila memang merk kamu sudah terkenal atau kuat.

Cara Mempromosikan Merk

Ada 3 tahapan yang harus Anda lalui dalam membangun personal branding. Berikut adalah ketiganya, kami jelaskan secara sederhana agar mudah Anda praktikkan!

  • Audit hasil penelusuran online Anda. Coba ketik keyword berupa nama Anda pada mesin telusur semacam Google dan lihat hasil pencarian yang muncul. Jika ada hasil yang telusur yang tampak tak profesional atau bahkan tak layak ditampilkan bagi publik.silakan hapus/deactivate atau lakukan berbagai tindakan lain agar konten tersebut tak muncul lagi di Search Engine Page Result (SERP).
  • Bagikan konten-konten terkait bidang Anda untuk memperlihatkan spesialisasi Anda. Tunjukkan visi dam misi positif Anda. Tonjolkan juga secara halus pencapaian yang telah Anda raih.
  • Tingkatkan interaksi sosial Anda secara online dengan para audiens Anda. Sapa dan beri apresiasi pada orang-orang yang menjadi target audiens Anda. Aktiflah berkomentar pada konten-konten yang dibagikan para profesional di bidang Anda. Usahakan untuk memancing diskusi lebih lanjut di setiap posting yang Anda bagikan. Hal ini menunjukkan bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan baik dengan publik.
  • Terkait penggunaan nama bagi setiap akun media online, gunakan satu nama asli dan lengkap secara konsisten. Anda tentunya tak mau membingungkan orang-orang yang ingin melakukan penelusuran terhadap kehadiran online Anda.
  • Jika Anda mengelola website, tulis/buatlah konten-konten yang terkait dengan keahlian Anda. Semakin relevan topiknya, semakin baik kredibilitas Anda di mata audiens. Kepercayaan mereka terhadap kemampuan Anda bisa meningkat. Tapi, cobalah untuk melakukan sorotan terhadap data-data atau fakta-fakta yang ada. Opini sekalipun perlu didukung oleh data dan fakta.
  • Miliki banyak akun media online dan kelola semuanya secara rutin. Terutama, jika Anda merupakan seseorang yang sedang mencari pekerjaan, milikilah akun representasi karir profesional semacam LinkedIn. Gunakan keyword/kata-kata kunci pendukung yang bisa memudahkan perekrut kerja dalam menemukan profil Anda.

Penulisan Konten Yang Berkualitas

Pemasaran konten ini, pada umumnya berupa review produk. Cara ini cukup ampuh untuk mendatangkan pembeli produk, atau mungkin kamu bergerak di bisnis jasa?

Dengan menulis artikel informatif dan merekomendasikan situs jasa tersebut ada kemungkinan yang sangat besar sang pembaca akan menggunakan produk jasa yang kamu tawarkan.

Jika saat ini konten yang Anda buat belum berhasil untuk menarik target pasar, maka berikut adalah lima tips yang dapat digunakan dalam membuat konten yang menarik:

  • Buatlah Konten Yang Berkualitas dan Sesuai Tren
  • Konten Harus Mendefinisikan Audiens Anda
  • Repurpose Konten Anda
  • Promosikan dan Distribusikan Konten Anda
  • Promosikan dan Distribusikan Konten Anda

SEO Yang Maksimal

Hampir semua penulis artikel yang lama melintang di bisnis penulisan konten mengerti tentang SEO, apalagi kalau kita sebut marketing digital.

Tentunya para pemasar tersebut sangat mengerti pentingnya SEO, dimana dengan memiliki peringkat SEO yang bagus maka produkmu atau halaman situs milikmu bisa keluar paling pertama saat pengguna Internet melakukan search dengan kata kunci menyentuh nama produk kamu, yang umum dinamakan Keyword.

Optimisasi Konversi

Wah, ini bahasanya ketinggian. Untuk itu mimin jelaskan agar lebih simple. Optimisasi konversi ini adalah proses untuk membuat strategi bagaimana orang yang masuk ke situs kamu, bisa menjadi sumber uang.

Contohnya dengan Google Ads. Atau bagaimana cara orang yang masuk ke situs kamu rata rata harus membeli produk yang kamu jual, ini semua adalah cara untuk optimisasi konversi.

Pemasaran Melalui Media Sosial

Pemasaran yang digunakan dengan sarana seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Kamu bisa bayangkan berapa banyak jumlah pengguna social media di Indonesia?

Walaupun cara ini tidak memastikan bahwa produkmu akan terjual, tapi dengan menyebarkan melalui media social. Merk milikmu akan diketahui orang dan ini adalah langkah untuk meningkatkan kekuatan dari merk bisnismu.

Dari semua strategi pemasaran diatas, kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk kamu jalankan berdasarkan tipe produk milik bisnis yang kamu miliki.

Akan tetapi ada catatan penting, semua strategi diatas juga dapat dipakai secara bersamaan, tentu saja hal ini juga menambah biaya pada bisnis kamu, Salam sukses.

baca juga strategi digital marketing