Tahu Walik Isi Daging Ayam Untuk Dijadikan Camilan Keluarga

Tahu Walik Isi Daging Ayam

Bicara tentang tahu,setelah saya membuat resep perkedel tahu isi sosis yang sangat sedap,kali ini saya akan membuat resep tahu walik isi daging ayam yang tak kalah sedap nyaa. Yuk simak ulasan berikut.

Tahu walik adalah sajian atau kudapan  khas Banyuwangi, Jawa Timur yang berbahan dasar tahu dan digoreng dengan isi ayam dan yang lainnya. Disebut walik yang artinya pun terbalik karena proses pembuatan tahu walik ini pun dengan cara dibalik.

Cara buat tahu walik ini pun tidak lah sulit dan tidak membutuhkan bahan yang banyak. Sehingga sangat praktis untuk buat sendiri di rumah.

Meskipun bahan dasarnya sama, tetapi resep tahu walik kukus ini terasa lebih nikmat dan lezat dibandingan dengan cemilan olahan tahu lainnya.

Rupanya kunci dan rahasianya sebab kulit luarnya yang dibalik menjadi di dalam. Tidak hanya kulit luar tahu yang dibalik, ciri khas unik lainnya adalah isi di dalamnya yang berbahan dasar aci dan bahan tambahan dan juga bumbu lainnya.

Tahu Walik Isi Daging Ayam

Untuk meningkatkan selera makan, kita dapat memakai fillet ayam atau daging ayam untuk membuat adonan acinya. Haluskan daging ayam tadi dan bumbu sederhana seperti bawang hingga halus.

Kemudian campur bersama bumbu adonan tahu aci lainnya.  Jika sudah baru dimasukkan ke tahu yang sudah dikorek bagian isinya. Bahan dan resep cara membuat tahu walik isi ayam dapat di simak di bawah ini.

Tahu Walik Isi Daging Ayam

Bahan :

  • 100 gram tepung terigu.
  • 20 pcs tahu yang telah digoreng atau pun bisa tahu pong
  • 100 gram tepung tapioka atau tepung aci.
  • 5 pcs irisan daun bawang segar
  • 1 Sdm bawang merah yang sudah digoreng.
  • 1 sdm bawang putih yang sudah digoreng.
  • 150 sampai 200 gram Ayam fillet tanpa tulang
  • Kaldu bubuk rasa ayam dan garam dapur secukupnya.
  • Air es atau es batu jika ada untuk campuran menghaluskan ayam (boleh dihilangkan kalau pakai food processor).

Cara membuat :

  1. Sesudah tahu digoreng hingga keluar kulitnya kemudian belah jadi 2 bagian yang sama besar. Isi boleh dikeluarkan jika terlalu banyak atau dibiarkan kalau menggunakan tahu pong.
  2. Cuci bersih daging ayam yang telah dibersihkan dari tulangnya menggunakan air menaglir hingga bersih.
  3. Sediakan blender atau food processor kemudian masukkan daging ayam tadi bersama dengan bawang merah dan bawang putih goreng. Jika perlu dapat ditambahkan sedikit es batu atau air dingin.
  4. Blender semua bahan diatas sampai halus.
  5. Ambil blenderan ayam tadi kemudian masukkan ke dalam wadah bersama dengan garam dapur, kaldu instan bubuk, tepung terigu, tepung tapioka dan irisan daun bawang.
  6. Aduk aduk semua bahan adonan aci tadi hingga tercampur rata.
  7. Coba rasa dan berikan tambahan garam, kaldu bubuk atau sedikit tepung kalau terlihat terlalu lembek.
  8. Jika sudah ambil tahu yang telah dibalik lalu isikan dengan adonan aci diatas secukupnya, ulangi hingga habis.
  9. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu masukkan tahu walik tadi .
  10. Masukkan dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  11. Angkat dan tiriskan sebentar lalu siap sajikan bersama dengan cabai atau saus sambal.

Demikian Resep tahu walik isi ayam yang sangat pas untuk di jadikan camilan keluarga, bagaimana?gampang bukan cara bikin nya, dari pada kamu beli di warung-warung mendingan membuat nya sendiri di rumah bisa di atur sesuai selera. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.