Cara Ternak Paling Cepat Panen Dan Menguntungkan

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara ternak sapi potong modal sedikit. Sapi juga hewan ternak yang bisa dibilang sangat sulit sekali untuk dirawat. Apalagi untuk dikembangbiyakkan sebagai usaha agribisnis, tentu tidaklah menjadi sebuah peluang usaha yang sangat mudah.

  Cara Ternak Paling Cepat Panen Dan Menguntungkan

ternak paling cepat panen dan menguntungkan

 

 

Namun, siapa sangka jika membudidayakan ternak sapi dapat mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Meskipun imbalanya dari bisnis ini besar, bagi kalian yang tidak berpengalaman sekali dalam bidang ini justru malah jadi merugikan lho! cara ini juga bisa untuk cara sapi potong.

Untuk itu, lakukanlah langkah yang tepat dan benar seperti dibawah ini supaya usaha ternak sapi yang kalian lakukan dapat berkembang dengan baik.

1. Tetapkan Modal Awal Usaha Cara Ternak Sapi

Jangan merasa takut untuk mengeluarkan dana besar. Karena, keuntungan yang akan Anda dapatkan dari anggaran awal bisa berkali lipat. Anggaran awal itu setidaknya harus bisa mencangkup kebutuhan beberapa ternak sapi pertama yang mulai kalian budidayakan.

Modal awal bukan hanya soal anggaran dana saja, namun juga jaringan pertemanan. Pada pertemanan ini adalah hal yang sangat penting sekali untuk mempunyai berbagai informasi tentang cara merawat dan berbisnis ternak sapi.

2. Cara Memilih Jenis Ternak Sapi 

Sapi ternak ini memiliki berbagai jenis, seperti:

Sapi Brahman

Sapi ini yaitu keturunan sapi Zebu atau Boss Indiscuss. Aslinya sapi ini asal India lalu terjun ke Amerika pada tahun 1849 sangat cepat sekali berkembang di Amerika, Di AS, sapi ini berkembang biak untuk diseleksi dan meningkatkan mutu genetiknya. Sesudah berhasil, jenis sapi Brahman ini diekspor ke berbagai negara.

Dari AS, sapi Brahman menyebar ke Australia. Sapi ini masuk ke Indonesia sejak zaman Belanda menyerang Indonesia.

Ciri khas sapi Brahman yaitu berpunuk besar dan mempunyai kulit yang longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak sekali lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi Brahma ini adalah tipe sapi potong ynang sangat baik untuk dibudidayakan.

Sapi Madura

Sapi Madura yaitu sapi yang ganas dan sapi potong juga. Hibrida lokal yang asli dari negara Indonesia hasil persilangan antar banteng jantan dengan bos indicus atau sapi Zebu yang secara genetik mendapatkan sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan virus.

Karakteristik sapi Madura  sangatlah seragam sekali, karena bentuk tubuhnya kecil, kaki pendek dan kuat, bulu berwarna merah bata agak kekuningan tapi bagian perut dan paha sebelah dalam berwarna putih dengan pengheliatannya yang kurang lebih jelas.

Kontribusi sapi madura adalah sebagai sapi potong berkembang baik sekali di Jawa Timur khususnya ada di pulau Madura. Kontribusi sapi di Madura cukup besar sekali sampai 24% dari kegunaan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.

Angka ini mengalami peningkatan dibanding 2012 yang hanya mencapai 787.424 ekor dengan jumlah terbanyak di wilayah Kabupaten Sumenep yakni mencapai 360.000 ekor lebih. Selain itu sebagai sapi potong, sapi Madura ini dipakai untuk alat transportasi masyarakat di pedalaman Madura yang disebut Sapi Pajikaran.

Sapi Madura yang berjenis kelamin jantan dipakai untuk sapi karapan dalam tradisi masyarakat Madura. Pada dasarnya, kalian harus mencari lebih dulu semacam macam jenis sapi lokal dan impor. Setelah itu, Anda bisa memilih jenis sapi mana yang akan Anda budidayakan.

Jika kalian memilih sapi lokal, sapi nya membutuhkan ketelatenan yang lebih karena perkembagan cenderung lama, namun mempunyai kualitas daging yang sangat bagus sekali. Pilih sapi berumur 2,5 tahun (jantan atau betina) yang sehat. Biayanya biasanya adalah harga untuk anakan sapi madura ini sekitar 300 juta rupiah.

itulah beberapa cara ternak paling cepat panen dan menguntungkan. Semoga bermanfaat.