Tips Membuat Molen Enak Dan Mudah

tips membuat molen

Pada kesempatan kali ini kami akan memerikan tips membuat molen yang mudah dan enak. Molen merupakan salah satu gorengan yang terbuat dari bahan dasar pisang dan dibaluti dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu.

Semua orang pasti tahu tentang pisang molen, banyak orang yang menyukai rasanya dan banyak juga yang dijual baik di toko-toko maupun di tukang gorengan. Apakah teman-teman tahu dari mana pisang molen ini berasal? Ternyata menurut wikipedia, olahan dari pisang ini asalnya dari sumatera utara.

Cemilan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mudah dijumpai dipasaran. Akan tetapi jauh lebih baik jika kita membuat sendiri di rumah itu akan lebih higenis dan akan jauh lebih lezat. Bailah langsung saja saya akan memberikan tips agar molen yang kita buat hasilnya memuaskan. Untuk membuat molen anda bisa kunjungi cara membuat molen coklat.

tips membuat molen

 

Tips Membuat Molen :

1. Memakai Tepung Yang Benar

Agar hasil kulit molen yang kita buat memuaskan dan bagus, sebaiknya anda menggunakan tepung protein sedang. Jika anda menggunakan tepung dengan protein yang tinggi, kemungkinan besar hasil adonan akan semakin lembut dan juga kenyal. Jadi sebaiknya gunakan tepung protein sedang saja untuk membuat kulit molennya.

Jika anda masih mempunyai stok tepung protein sedang, pastikan tepung tersebut kualitasnya terjaga. Hal ini sangatlah penting dalam menentukan kualitas molen yang kita buat, oh iya kalau masih ada sisa tepung yang tidak terpakai simpanlah yang benar agar bisa digunakan berkali-kali tanpa mengurangi hasil olahan yang kita buat.

2. Memakai Pisang yang Bagus Dan Benar

Selanjutnya agar pisang molen yang kita buat enak, kita harus memilih pisang yang bagus dan benar. Memilih pisang sangat penting, karena jika kita memilih pisang yang belum matang munkin rasanya juga akan keras dan juga tidak enak. Lalu jenis pisang apakah yang bagus untuk di buat isian pisang molen ini ?

Ternyata jenis pisang uli lah yang cocok di gunakan untuk isian dari pisang molen ini, selain untuk isian pisang molen jenis pisang yang satu ini juga sangat pas dijadikan pisang goreng atau bahkan dijadikan kolak pisang pun sangat enak.

Jenis pisang yang satu ini sangat bagus dan memenuhi kreteria pisang yang cocok untuk kita goreng, karena selain rasa dari pisang ini manis tekstur nya juga sangat lembut dan empuk. Selain itu pisang uli juga memiliki kadar air yang cukup rendah.

3. Gunakan Air Dingin Untuk Menguleni Adonan

Setelah tepung diayak kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, lalu kita uleni adonan sampai adonan kalis dan juga tidak lengket. Sebaiknya teman-teman dirumah menggunakan air dingin untuk menguleni adonannya, hal ini bertujuan agar kulit molen tidak alot setelah kita menggorengnya.

4. Komposisi Bahan

Tips yang selanjutnya adalah keseimbangan komposisi bahannya, jangan lupa sebelum kita mencampurkan bahan-bahan nya takar terlebih dahulu bahan-bahan nya sesuai dengan resep yang teman-teman peroleh. Agar mendapatkan kulit molen yang renyahnya pas, keseimbangan takaran semua bahan sangat penting.

5. Penggorengan yang benar

Jika semua adonan sudah siap, kemudian goreng molen dan gunakan minyak yang baru. Goreng saat minyak sudah panas agar molen yang kita buat renyah, jangan lupa untuk membulak balikan adonan agar matang dari adonan tersebut merata.

Mungkin itulah berapa tips yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi teman semuanya. Biklah mungkin cukup sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata, terimakasih dan selamat mencoba.