tips usaha jus buah

Usaha jus buah memiliki beberapa cara atau tips usaha jus buah yang membuat usaha ini berkembang. Tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha jus buah ini karena bisa dijadikan usaha rumahan . Alasan lainnya karena alat dan bahannya sangat terjangkau.

Bahan utamanya sudah pasti buah-buahan dan alat utamanya pasti blender atau mesin penghancur buah. Selain itu terdapat alat dan bahan tambahan lainnya seperti mesin cup sealer , cup, susu kental manis, gula, sedotan, lemari pendingin, dan lain sebagainya.

Meski minuman seperti boba, kopi, milk tea, dan minuman lainnya sedang sangat trend saat ini, namun jus buah tetap menjadi minuman favorit yang segar dan menyehatkan.

Dengan banyaknya khasiat dari jus buah, membuat orang-orang yang mempertimbangkan untuk membeli jus buah dibandingkan minuman-minuman yang sedang trend saat ini.

Baca juga : Manfaat dan Cara Membuat Jus Wortel Untuk Mata yang Lezat

 

Tips Usaha Jus Buah dengan Modal Kecil

Berikut ini beberapa tips usaha jus buah dengan modal yang relatif kecil:

1. Perhatikan Lokasi Usaha Jus Buah

tips usaha jus buah

Lokasi usaha sangat menentukan calon pelanggan Anda, karena jika Anda salah dalam menentukan lokasi usaha, tidak ada orang yang akan membeli jus buah Anda. tempat usaha yang dilalui orang.

Biasanya di pinggir jalan raya, daerah pemukiman padat penduduk, mall, kantor, sekolah, kampus, dan tempat ramai lainnya. Dengan membuka usaha di tempat keramaian seperti di atas, maka besar kemungkinan usaha jus buah Anda akan ramai pembeli.

2. Tentukan Target Pasar Usaha Jus Buah Anda

tips usaha jus buah

Menentukan target pasar merupakan tips kedua setelah Anda menentukan di mana lokasi usaha yang menurut Anda tepat. Anda perlu tahu siapa saja yang akan membeli jus buah Anda. Misalnya jika Anda menjual di sekitar sekolah berarti pelanggan Anda adalah pelajar.

Begitu pula jika Anda menjual di sekitar kantor maka pelanggan Anda adalah karyawan kantor. Dengan ini Anda dapat menentukan harga jual yang tepat untuk target pelanggan Anda.

Jika pelanggan Anda adalah pelajar, tentu mereka tidak memiliki uang sebanyak karyawan kantor. Maka Anda harus menurunkan harga jual jus Anda agar pelajar sebagai calon pelanggan tidak merasa keberatan dengan harga yang ditawarkan.

3. Lakukan Promosi

tips usaha jus buah

Promosi adalah kegiatan yang harus Anda lakukan ketika memulai sebuah usaha, termasuk memulai usaha jus buah. Tujuan promosi adalah untuk memasarkan dan memberi informasi tentang produk yang dihasilkan oleh usaha Anda kepada masyarakat luas.

Anda bisa memulai promosi dari lingkup yang paling dekat terlebih dahulu. Misalnya melakukan promosi ke keluarga, teman, atau kerabat. Biasanya orang terdekat akan menyebarkan berita dengan cepat dari mulut ke mulut.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa melakukan promosi secara online melalui media sosial dengan cara mengunggah foto dan informasi mengenai usaha Anda.

Lalu Anda bisa melakukan promosi secara offline dengan menyebarkan atau membuat spanduk yang berisi produk Anda dan didesain semenarik mungkin.

4. Menyediakan Menu yang Inovatif

jus buah

sehingga usaha Anda menjadi lebih kreatif dan inovatif karena jus buah tersebut memiliki kesan tersendiri dan lebih dikenal oleh pembeli. Beberapa konsep dan inovasi usaha jus buah yang berbeda seperti menawarkan menu yang lebih inovatif serta buah yang tersedia lebih banyak dan lengkap.

Selain itu, usahakan tempat serta etalase usaha memiliki branding yang kuat, kemasan jus yang menarik, dan memiliki branding. Kemasan jus bisa dipercantik lagi dengan ditambah gambar logo atau tulisan-tulisan yang menarik.

Kelebihan pada cara pembayaran, selain bayar secara tunai, bisa juga bayar secara cashless sehingga banyak promo menarik.

5. Memperhatikan Kesegaran Buah

jus

Kesegaran buah sangat berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan oleh jus buah. Jus buah yang berasal dari buah segar akan menghasilkan rasa yang enak dan lezat. Berbeda dengan jus buah yang berasal dari buah yang busuk atau tidak segar.

Rasanya akan cenderung hambar dan tidak enak untuk dinikmati. Pelanggan yang jelas akan lebih memilih membeli jus buah di kedai yang menyediakan jus buah dengan menggunakan buah yang masih segar.

Selain mempengaruhi rasa, jus buah yang tidak segar juga bisa mempengaruhi kesehatan pelanggan yang membeli jus buah Anda. Untuk menyiasati ini sebaiknya beli buah-buahan dengan jumlah secukupnya saja.

Perkirakan buah tersebut akan habis dalam waktu paling lama 3 hari, sehingga kesegaran buah akan tetap terjaga.

6. Mulai Menjalankan Usaha Jus Buah

jus

Ketika semuanya sudah dipersiapkan secara matang, kini saatnya Anda memulai usaha jus buah yang sudah dirintis tersebut. Anda harus memahami setiap karakter buah dan cara penyimpanannya.

Jangan sampai membuat Anda rugi atau mengecewakan pelanggan kedai jus buah Anda. Lalu, Anda harus selalu menjaga kebersihan kedai usaha jus buah Anda. Sebab, hal tersebut juga menjadi salah satu kepuasan pelanggan nantinya.

buka jus buah dengan rasa yang segar dan nikmat. Selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar menambah kesan yang baik. Dengan begitu pelanggan tidak akan kapok untuk membeli jus buah di kedai jus buah Anda.

Selain berjualan dengan cara offline di tempat, Anda juga bisa bekerja sama dengan mendaftar ke beberapa aplikasi ojek berbasis online yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Hal tersebut dapat mempermudah pelanggan untuk membeli jus buah di kedai Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika ingin memulai usaha jus buah. Usahakan untuk mempersiapkan secara matang sebelum Anda menggeluti usaha jus buah ini.

Jangan sampai setengah siap, Anda malah berubah pikiran untuk menggeluti usaha lainnya. Semoga usaha apapun yang Anda geluti mencapai target yang Anda inginkan.