Inilah Dia Resep Nikmat Bumbu Rujak Ayam Bakar

Bumbu Rujak Ayam Bakar

Apakah kalian punya persediaan daging ayam yang bingung mau dibuat apa ? Nah ini dia solusinya dengan membuat resep bumbu rujak ayam bakar dari saya dijamin gak akan nyesel.

Bumbu Rujak Ayam Bakar

Bumbu Rujak Ayam Bakar

Sebelum masuk ke resepnya bagaimana jika kita membahas dulu sebentar tentang resep ini. Pada dasarnya disebut bumbu rujak karena dibuat dari daging ayam yang masih muda dan bumbu merah yang berupa garam, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, dan cabai merah juga disebut dengan bumbu Rujak karena banyaknya rempah-rempah yang umum dipakai dalam saus rujah buah.

Hidangan ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama, dengan negara asalnya yakni Indonesia yang tepatnya di Jawa.  Itulah tadi sedkit penjelasan dari saya Sedikit rekomendasi bila kalian ingin membuat masakan yang dipanggang cobalah membeli alat canggih yakni panggangan sosis saya jamin proses memanggang kalian lebih cepat dan tentunya banyak kelebihan lainnya.

Setelah kalian membaca penjelasan singkat dari saya saatnya kita menuju ke resep yang akan saya bagikan dibawah ini. Yuk simak…

Resep Enak Bumbu Rujak Ayam Bakar

Bahan – Bahan :

  • 4 buah cabai merah, buang bijinya
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cm kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk
  • 2 sdt gula merah, bisa diganti gula pasir jika tidak punya

 

Cara Membuat Bumbu Rujak Ayam Bakar :

  1. Haluskan bahan bumbu meggunakan cobek atau dengan blender sampai halus (kalau perlu tambahkan sedikit minyak kedalam blender agar membantu proses penghancuran).
  2. Tumis bumbu halus, lengkuas,serai, daun jeruk purut dan daun salam didalam wajan cekung yang agak besar sampai tercium bau harum (pastikan bumbu ditumis hingga benar-benar matang sebelum ayam dimasukkan agar rasanya benar-benar enak dan tak hambar
  3. Kemudian masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai warna ayam berubah.
  4. Setelah itu masukkan santan dan air asam, masaklah dengan menggunakan api besar sampai mendidih dan ayam sudah hampir mendekati matang. Aduk-aduk agar santan tidak pecah/memisah.
  5. Kecilkan api lalu masak terus dengan apisedang sampai ayam lunak, kuah mengental dan juga bumbu meresap semmpurna. Aduk sesekali. Tambahkan garam dan gula sesuai selera kalian.
  6. Sampai pada tahap ini masakan sudah dapat kalian nikmati, .
  7. Aduk-aduk pada saat santan sudah mulai mengering dan berubah jadi minyak agar ayam tak menjadi gosong.
  8. Pindahkan ayam ke dalam piring tahan panas beserta sausnya.
  9. Panggang ayam pada suhu 180°C sekitar 25 menit hingga ayam berwarna kecoklatan.

Tips Tambahan :

  • Pilih ayam yang relatif muda agar ayam tiak alot dan terasa lebih sedap.
  • Potong-potongnlah ayam agak kecil, lalu tusuk-tusuk menggunakan garpu kalau perlu agar bumbu benar-benar meresap.
  • Ungkep dengan suhu sedang agar ayam tak cepat gosong sebelum bumbu sudah benar-benar meresap.
  • Tambahkan garam terakhir, kemudian setelah tumisan bumbu meresap dan menyatu dengan ayam, baru setlah itu tambahkan garam terakhir kali agar rasanya tambah optimal dan bumbu meresap hingga ke tulang-tulangnya

_________________

Demikianlah sedikit penyampain yang bisa saya sampaikan untuk membuat bumbu rujak ayam bakar yang enak pastinya. Jika kalian ingin mengetahui penjelasan lengkap tentang resep tersebut silahkan kunjungi Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Dijamin Enak dan Renyah!!!. Dan jika kalian ingin mencoba masakan lainnya kunjungi juga Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa Mudah Dibuat Sekaligus Enak .

Selamat Memasak …