Cara Bikin Tahu Walik Krispi Dengan Bahan Yang Sederhana

cara bikin tahu walik krispi

Lagi nyantai enaknya nyemilin makanan nihh! Dari pada bingung mau nyemil apa mendingan buat tahu walik sendiri dirumah. Simak cara bikin tahu walik krispi yang bikin nagih.

Definisi Tahu Walik

definisi tahu walik

Tahu Walik merupakan makanan atau jajanan khas Jawa Timur tepatnya, Di Kabupaten Banyuwangi. Jajanan ini diolah secara terbalik yaitu dibalik dengan cara dibalik dan diisi dengan berbagai jenis adonan sesuai resep tahu Walik yang ada. Biasanya digunakan kulit tahu pong / tahu yang dibelah dan dibalik kemudian tergantung selera diberi adonan berupa adonan ayam, daging sapi, udang atau sosis.

Anda juga bisa menyiapkan sendiri resep wali tahu di rumah. Namun jajanan enak ini sudah banyak dijual di daerah lain seperti Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah, dan daerah lainnya. Selai tahu walik, Tahu juga bisa di buat tahu isi aci.

Tahu Walik kemudian menjadi jajanan laris yang dijual di pinggir jalan, di warung, dan di restoran. Jika suasananya dingin atau untuk kumpul keluarga, teman bahkan pacar, jajanan ini sangat cocok untuk dihidangkan. Apalagi saat ada acara besar seperti arisan, rapat, pernikahan dan acara lainnya. Bahkan tahu walik banyak mempunyai varian rasa dengan bumbu yang berbeda. tahu walik juga banyak kita temui di jual dipinggir jalan disekitar kita.

Baca juga : Berikut Ini Adalah Resep Tahu Walik Yang Nikmat Untuk Dihidangkan

Cara Bikin Tahu Walik Krispi

Cara Bikin Tahu Walik Krispi

Bahan – bahan :

  • Tahu Pong / Tahu Sumedang / Tahu dengan kulit goreng
  • 10 potong dada ayam
  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram protein
  • 1 bawang putih utuh, haluskan
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah merica halus
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt garam
  •  2 sdt gula
  • 1/2 sendok teh minyak untuk menggoreng – secukupnya

Cara Bikin Tahu Walik Krispi :

  1. Pertama – mana haluskan daging dengan cara giling menggunakan mesin gilingan daging
  2. Potong tahu menjadi 2 segitiga. Balik tahu sampai kulitnya masuk.
  3. Dalam wadah, masukkan ayam giling, putih telur, bawang putih giling halus, merica, kaldu bubuk, garam, dan gula pasir. Campur dengan baik.
  4. Tambahkan tepung tapioka dan daun bawang. Aduk rata lagi.
  5. Ambil 1 sendok teh adonan ayam dan tambahkan ke dalam tahu (seperti membuat isian tahu). Ulangi sampai semua adonan habis.
  6. Panaskan banyak minyak. Goreng tahu hingga matang dan berwarna cokelat. Angkat dan tiriskan.
  7. Siap dihidangkan.

Manfaat Tahu Walik

Manfaat tahu walik

1. Mengurangi resiko kanker

Isoplavon pada tahu mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kedelai dan produk olahan kedelai lainnya, termasuk tahu, dapat mengurangi risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan protein nabati pada tahu diduga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis. Bahan aktif yang terdapat pada kedelai dan tahu dapat meningkatkan kadar kolesterol bagi tubuh, sehingga mengurangi penyakit jantung.

3. Osteoporosis

Kandungan isoplvon pada tahu dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko pengeroposan tulang.

4. Diabetes tipe 2

Makan makanan yang sehat dan mengonsumsi kedelai serta makanan olahan, termasuk tahu, pada menu harian dapat menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Karena hal ini berkaitan dengan nutrisi pada tahu yang dapat membantu menyeimbangkan kadar lemak dan mencegah penyakit pada darah.

5. Baik untuk fungsi otak dan kesehatan kulit

Tahu mengandung isoplavon yang bermanfaat untuk fungsi otak dan daya ingat. Selain itu, isoplavon dapat sangat mengurangi kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Inilah manfaat tahu yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tahu juga tinggi zat besi yang bisa mencegah anemia, apalagi jika diolah dengan resep tahu yang mengandung bahan bermanfaat.

Diatas adalah penjelasan saya mengenai tahu walik semoga dapat dicoba di rumah masing – masing, terimakasih.