Cara Membuat Puding Susu Coklat yang Gampang, Nikmat dan Lezat

Banyak orang yang suka dengan makanan ini, karena rasanya yang manis dan lezat dikarenakan ada susu coklatnya yang membuat puding ini enak dan manis. Nah pada arikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat puding susu coklat yang simple.

Banyak sekali cara-cara untuk membuat puding susu, tapi kali ini saya akan memberi cara membuat puding susu yang simple dan enak. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu manfaat puding susu ini dan asal usul makanan ini dari mana.

Asal Usul Makanan Puding

cara membuat puding susu coklat

Makanan puding sendiri adalah sebutan untuk hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang di rebus menggunakan panci, dikukus, atau dipanggang diatas air panas. makanan puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Pada saat dahulu, makanan puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Tetapi puding pada saat ini bisa memiliki rasanya manis dengan memiliki banyak perisa rasa seperti coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok.

Puding agar-agar sering kali di hidangkan pada saat acara pernikahan dengan bahan saus yang disebut vla. Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

 

Bahan dan Cara Membuat Puding Susu Coklat Lezat dan Gampang

 

1.Cara Membuat Puding Susu Coklat

Bahan-Bahan:

  • susu cair tawar 800 ml
  • coklat bubuk 20 gr
  • gula pasir 125 gr
  • agar-agar bubuk 1 bungkus
  • dark cooking chocolate 100 gr (dipotong-potong)
  • telur 1 butir (gunakan kuningnya saja)
  • garam 1/8 sdt

Cara Membuat Puding Susu Coklat:

  1. Hal yang harus di lakukan pertama adalah siapkan panci lebih dahulu. lalu masukan susu cair, coklat bubuk, gula pasir, garam, dan agar-agar bubuk.
  2. Panaskan di atas kompor dengan api lumayan sambil di aduk hingga tercampur rata.
  3. Potongan dark cooking chocolate campurkan dengan adonan di dalam panci, aduk-aduk adonan hingga larut dan tercampur rata.
  4. Matikan kompor terlebih dahulu, lalu
  5. Ambil kuningan telur dan masukan kedalam mangkuk, lalu tuangkan sedikit rebusan adonan diatas ke dalamnya, sambil di aduk hingga tercampur rata.
  6. Lalu masukkan campuran kuning telur tersebut ke dalam panci berisi rebusan adonan pertama.
  7. Gunakan api sedang untuk memasak rebusan adonan hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  8. Matikan api kompor lalu tuang cairan rebusan adonan ke dalam cetakan.
  9. Biarkan dulu adonan puding selama 30 menit.
  10. Bila adonan sudah dingin, masukkan ke dalam kulkas.
  11. Saat adonan sudah mengeras, maka puding coklat siap dihidangkan.

 

Macam-Macam Manfaat Puding Susu Untuk Ibu Hamil

cara membuat puding susu coklat

 1. Meningkatkan Pencernaan

Makan puding yang terbuat dari buah-buahan mengandung beberapa proporsi serat yang lebih tinggi yang bisa mengatur fungsi pencernaan selama kehamilan. Serat adalah elemen vital bisa mendorong keteraturan dalam proses pencernaan dan membantu mengontrol kadar kolesterol.

2. Memuaskan Selera Makan

Konsumsi puding sangat bermanfaat untuk ibu hamil terutama bisa mengisi perut Anda dengan mudah dan membantu Anda merasa kenyang untuk rentang waktu yang lebih lama. Selama kehamilan Anda sering mengalami rasa lapar yang parah dan asupan jeli membantu memuaskan selera makan Anda.

3. Mengandung Vitamin

Ibu hamil yang sedang mengonsumsi makanan puding bisa meningkatkan asupan vitamin Anda. Makanan puding mengandung proporsi Vitamin C dan jejak Vitamin B. Vitamin ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan dan menyembuhkan luka secara efektif.

 

Itu lah tadi cara membuat puding susu coklat yang lezat dan gampang dan beberapa manfaat puding susu untuk ibu hamil. Emang sangat cocok sekali makan ini untuk ibu hamil karena puding mengandung serat yang bisa membuat ibu hamil terasa kenyang terus. Semoga bermanfaat bagi kita semua, Selamat mencoba!!