Ketahui Jenis Jenis Kertas Yang Sering Dipakai dan Karateristiknya

jenis jenis kertas

Definisi Kertas |Jenis Jenis Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang dibuat dengan mengompresi serat dari pulp. Serat yang digunakan umumnya alami dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas dianggap sebagai media utama untuk menulis, mencetak dan menggambar, dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas, seperti kertas pembersih (tisu) untuk peralatan makan, pembersih atau keperluan toilet. Maka dari itu kita perlu mengetahui jenis jenis dari berbagai macam kertas sesuai fungsinya.

Keberadaan kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis dan telah memberikan kontribusi besar bagi peradaban dunia. Sebelum penemuan kertas, orang-orang kuno menggunakan tanah liat yang dibakar. Hal ini dapat ditemukan pada peradaban Sumeria, prasasti ini terbuat dari batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra dan bahkan daun lontar. Prasasti ini disatukan dari manuskrip Indonesia berabad-abad yang lalu.

Sejak awal dokumen kertas diproduksi, merekam dokumen dilakukan dalam bentuk tertulis atau gambar. Seiring waktu, kertas itu sendiri berubah bentuk sesuai dengan fungsi dokumennya. Semuanya memiliki karakteristik permukaan kertas, dan karakteristik tersebut berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Berikut ini jenis jenis kertas dan karakteristiknya

Baca Juga : Jual Mesin Penghancur Kertas Terbaru 2021

6 Jenis Jenis Kertas Yang Sering Dipakai dan Karateristiknya

Jenis Jenis Kertas dan Karakteristiknya

1. HVS |Jenis jenis kertas

Sejarah dari kata HVS berasal dari bahasa Belanda houtvrij schrijfpapier yang artinya kertas tulis tanpa serat kayu. Bahan dasar kertas ini adalah pulp. Di Indonesia, kertas ini hadir dalam berbagai ukuran dan ketebalan. Dan memiliki karakteristik tekstur halus, putih, dan tipis, dengan ketebalan masing-masing 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kegunaan kertas ini biasa digunakan untuk laporan kerja, tugas sekolah, esai, dan media kertas yang digunakan dalam buku di kantor dan sekolah.

2. Book Paper | Jenis jenis kertas

Tips Mencetak Buku untuk Pemula yang Perlu Anda Ketahui - Uprint.id

Ciri-ciri dari kertas ini adalah teksturnya agak kasar, cenderung lebih tipis, agak kekuningan, dangkal dan tipis. Ketebalan kertas ini 55 gsm, 70 dan 90 gsm. Kertas ini hanya digunakan di buku teks, karena kertasnya sendiri cenderung berwarna kuning sehingga tidak menghasilkan warna yang cerah. Tujuan dari penulisan makalah menggunakan kertas ini adalah agar mata anda terasa nyaman setelah lama membaca.

3. Art Paper

jenis jenis kertas

Kertas jenis ini memiliki tekstur halus, putih, halus dan berkilau, dengan ketebalan yang sedikit lebih tipis, masing-masing 120 gsm dan 150 gsm. Kegunaan dari kertas ini biasanya digunakan untuk brosur, poster, konten majalah, konten company profile, dan konten buku yang membutuhkan gambar yang lebih detail. Kertas ini memang tampak lebih mewah, apalagi jika dilaminasi dengan finishing glossy atau matte.

4. Art Carton

Karakteristik dari art carton memiliki tekstur kertas yang  halus, putih,berkilau dan padat. Kisaran ketebalan kertas adalah 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm dan 310 gsm. Kertas ini  biasanya digunakan untuk kartu nama, sampul buku, sampul majalah, profil perusahaan, poster, sertifikat, kotak kemasan produk, undangan, dll. Untuk kartu nama dan sampul buku, kertas dengan ketebalan 260 gsm sangat ideal.

5. Karton BW |Jenis jenis kertas

Kertas jenis ini memiliki tekstur putih yang bagus dengan ketebalan 240 gsm. Artikel ini biasanya digunakan sebagai sertifikat, kartu iuran bulanan, map, undangan, dll. Kertas ini cocok digunakan untuk menulis dengan pulpen (seperti kertas HVS).

6. Jasmine

Merupakan kertas yang biasa digunakan sebagai bahan untuk undangan pernikahan. Undangan nikah dengan kertas jasmine kini menjadi yang paling diminati karena memiliki banyak kelebihan. Selembar kertas ini telah menjadi idola baru yang populer di bidang jasa percetakan. Surat undangan sangat penting. Kertasnya halus dan berkilau, serta terdapat partikel emas di permukaan kertas, dan memiliki banyak pilihan warna.

Oleh karena itu sebenarnya masih banyak macam kertas lain di artikel tentang jenis jenis kertas dan karakteristiknya, namun akan kita lanjutkan besok. Karena pada dasarnya kertas memiliki ciri dan fungsi berbeda beda. Dengan berkembangnya teknologi, kini kita memiliki mesin penghancur kertas sehingga lebih efektif. Untuk informasi mengenai spesifikasi dan harga mesin penghancur kertas, silahkan klik disini Grosir mesin.