Jangan Salah Pilih, Kenali Macam Macam Olive Oil dan Manfaatnya

macam macam olive oil
Perlu kita ketahui bahwa macam macam olive oil itu sangat banyak. Sehingga kita jangan sampai salah pilih, karena tiap jenis pada olive oil memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Maka dari itu artikel ini akan megulas macam macam olive oil.
Awal mula muncul olive oil ternyata berasal dari Eropa, tepatnya di Yunani. Olive oil atau sering disebut dengan minyak zaitun ini merupakan salah satu jenis minyak yang sering disajikan dengan makanan sehat. Minyak ini memang diklaim kaya antioksidan dna lemak tak jenuh dibandingkan dengan minyak lainnya, sehingga olive oil ini sehat untuk dikonsumsi.
Pada olive oli ini terdapat kandungan polifenol yang sering digunakan dan dipercayai dalam pola diet mediterania, biasanya dilakukan oleh penderti jantung maupun hipertensi. Tak hanya itu, olive oil ini telah menjadi primadona hidangan sehat, dan juga menjadi menu utam bagi orang orang yang menjalani pola hidup sehat.
Selama ini kita hanya mengenal jenis olive oil hanya untuk dihidangkan bersama dengan salad saja, namun apakah kalian tau? ternyata oliveoil terdiri dari berbagai maca dan kandungan maupun fungsinya pun berbeda.
Karena penggunaan minyak goreng dan minyak nabai sangat banyak, dan jika digunakan berulang kali minyak menjadi kotor dan keruh, untuk memudahkan kita dalam mengubah minyak menjadi jerih kembali maka dibutuhkan mesin penyaring minyak goreng yang dapat membantu menjernihkan kembali minyak dengan cara efektif dan efisien dan anda dapat menggunkan kembali minyak tersebut untuk memasak.
Nah. agar kalian tidak bingung memilih olive oil sesuai kebutuhan andam yuk kita simak artikel ini :

Simak Macam Macam Olive Oil dan Manfaatnya

Berikut ini macam macam olive oil yang perlu kalian ketahui antara lain Extra virgin olive oil,virgin olive oil, refined olive oil,pure olive oil,lite/light olive oil. Setelah kalian menyimak lebih dalam macam macam olive oil sehingga kalian tidak akan salah pilih lagi untuk kebutuhan sehari hari kalia. Yuk simak dibawah ini:

 

1. Extra virgin olive oil|Macam Macam Olive Oil

Jenis yang pertama yaitu  extra virgin olive oil, minyak ini  berasal dari perasan pertama sari buah zaitun, maka dari itu kandungan polifenol dalam olive oil ini sangat tinggi. Selain itu, jenis extra virgin merupakan pilihan olive oil  yang dipercayai paling sehat dari pada jenis olive oil lainnya, dikarenakan tidak melewati proses pengolahan yang banyak, jadi murni.
Minyak zaitun extra virgin memiliki ciri rasa yang pahit dan rasa yang sedikit menyengat pedas, seperti merica. Rasa pahit ini menandakan kandungan oleuropein yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Semakin pahit rasanya, semakin bagus kualitas minyak zaitun ini. Selain digunakan sebagai campuran salad, minyak zaitun extra virgin juga dapat digunakan untuk menumis, menggoreng pada suhu rendah dalam merebus makanan.

2. Virgin olive oil|Macam Macam Olive Oil

Macam Macam Olive Oil
Sama seperti  extra virgin olive oil, minyak zaitun jenis ini tidak akan melalui proses penyaringan. Perbedaannya adalah rasa virgin oil dari buah zaitun lebih ringan dibandingkan dengan virgin oil. Selain itu, keasamannya 2% lebih tinggi dari minyak zaitun murni, yang memiliki kalori dan titik didih lebih tinggi. Umumnya minyak zaitun virgin dapat digunakan untuk menggoreng makanan rendah lemak.

3. Refined olive oil| Macam Macam Olive Oil

jenis olive oil
Pada jenis Refined olive oil olahan sebenarnya adalah minyak zaitun murni yang telah disaring. Biasanya minyak ini digunakan untuk memasak makanan, sehingga rasa buah zaitun sangat encer dan tidak akan terasa. Sayangnya, proses filtrasi juga menurunkan kandungan antioksidan. Karena kandungan antioksidannya yang rendah, minyak zaitun olahan memiliki umur simpan yang lama. Biasanya minyak zaitun olahan juga ditambahkan dengan vitamin E, yang bisa digunakan pada gorengan.

4. Pure olive oil

olive oil
Istilah “pure” atau “klasik” sering kali salah mengartikan  dan menganggap minyak ini adalah sari buah zaitun murni. Faktanya, minyak zaitun bertanda “pure” atau “klasik” adalah campuran minyak zaitun olahan dan minyak zaitun murni.
“Pure” sendiri menjelaskan bahwa minyak zaitun hanya dicampur dengan “saudaranya” dan bukan dengan jenis minyak lainnya. Rasa, aroma, dan kandungan antioksidan bergantung pada kandungan minyak zaitun murni. Pure olive oilmurni bisa digunakan untuk gorengan dan daging asap.

5. Lite/light olive oil

Jangan Salah Pakai, Kenali Dulu Jenis-jenis Minyak Zaitun (5)
Label “light” pada minyak zaitun jenis ini mengacu pada ketajaman rasa di dalam minyak, bukan jumlah kalori yang dimilikinya. Minyak zaitun ringan menjalani lebih banyak langkah penyaringan untuk menghilangkan warna, aroma, dan rasa.
Dengan perlakuan ini, light olive oil bisa digunakan saat memasak atau memanggang makanan dengan cara menggoreng, karena tidak memiliki rasa yang kuat.
mesin penyaring minyak goreng
Untuk memudahkan kita dalam penyaringan minyak, tentunya akan sangat lebih efektif dan efisien jika kita menggunakan mesin penyaring minyak ini. Manfaat dari menggunakan mesin penyaring minyak ini akan menghasilkan gorengan yang lebih kering, dan sedikit minyak yang menempel. Kemudian makanan akan lebih tahan lama kerena bakteri dalam minyak sudah disaring.  Untuk mendapatkan mesin yang berkualitas tentunya kalian bisa menemukan di Toko Grosir Mesin Pusat Distributor UMKM. Selain berkualitas tentunya jika memesan di Grosir mesin, akan mendapatkan garansi resmi lho.
Demikian artikel mengenai macam macam minyak goreng, semoga kalian dapat memilih minyak mana yang akan kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian. See you 🙂