Resep Tumis Kerang Kupas Pedas Yang Nikmat dan Mudah

Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak moluska dan cocokuntuk diolah menjadi masakan seafood. berikut cara membuat resep tumis kerang kupas pedas yang nikmat dan mudah

 

Kerang

 

kerang berkuah

Pengertian Kerang paling luas, kerang berarti semua moluska dengan sepasang cangkangnya. Dengan pengertian ini, lebih tepat kebanyakan orang-orang menyebutnya kerang-kerangan dan sepadan dengan arti clam yang dipakai di Amerika.

 

Cara Membuat Tumis Kerang Kupas Pedas

 

Bahan-bahan :

  • 250 gr kerang kupas
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 7 buah cabe merah keriting, haluskan
  • 6 buah cabe rawit merah keriting, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 2 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • Sejumput kecil gula jawa
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm kecap manis

Cara Membuat :

  1. Cuci hingga bersih kerang kupas, lalu rebus kurang lebih 15-20 menit, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus beserta lengkuas, gula jawa, daun salam, sereh hingga layu.
  3. Masukkan kerang kupas, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan penyedap rasa dan kecap, aduk hingga rata.
  5. Koreksi rasa, matikan api,
  6. sajikan.

 

 

Tips Memilih Kerang Yang Segar

 

  1. Pilihlah cangkang yang tidak rusak. Jangan memilih cangkang kerang yang pecah atau retak karena kemungkinan bakteri yang masuk sudah berada didalamnya.
  2. Pastikan cangkang dalam keadaan yang mengatup karena hal ini menandakan bahwa kerang itu masih hidup dan bereaksi melindungi dirinya. Jika sedikit terbuka, cobalah menyentuhnya dan lihat reaksinya apakah ia bergerak mengatup atau diam saja. Jika menutup, berarti kerang tersebut masih sehat dan segar.
  3. Cium aromanya, jika masih segar dan berbau amis laut, maka kerang aman untuk dikonsumsi.
  4. Memasak kerang sebaiknya dengan cara direbus atau ditumis. Dengan cara ini, kita bisa melihat bagaimana reaksi kerang. Jika awalnya cangkang tertutup dan kemudian menjadi terbuka maka kerang tersebut sehat dan tidak menimbulkan keracunan jia kita mengkonsumsinya. Namun jika kerang masih tertutup saja bisa jadi kerang sudah mati sejak sebelum dimasak.

 

Manfaat mengkonsumsi Kerang

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dalam kerang mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Dengan demikian, mengonsumsi seporsi kerang segar dapat menghindarkan kamu dari berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung. Namun, jangan juga mengonsumsi kerang terlalu banyak, karena kerang juga mengandung kolesterol yang tinggi yang dapat membahayakan kondisi jantungmu.

 

Mengatasi Anemia

Orang yang sering mengalami anemia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Nah, kerang adalah salah satunya. Mengonsumsi kerang yang kaya akan zat besi bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein khusus yang berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Dengan adanya hemoglobin, organ-organ yang ada didalam tubuh manusia bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari anemia.

 

Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Tubuh manusia memerlukan vitamin B12 yang berperan sangat penting untuk membantu sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan membuatmu berisiko mengalami kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memenuhi asupan dalam tubuh dengan vitamin B12 setiap hari. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi kerang yang kaya akan vitamin B12.

 

Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh

Kerang mengandung kadar protein hewani laut yang sangat tinggi dan juga ada kandungan asam amino esensialnya yang hampir mencapai 100 %. Nah, protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang berguna untuk menjaga tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk dalam menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh. Selain itu, asupan protein juga diperlukan untuk membentuk otot, enzim, hormon, dan organ-organ tubuh lainnya.

 

Demikian pembahasan mengenai resep tumis kerang kupas pedas yang nikmat dan mudah yang bisa kalian praktikkan di rumah. Kamu juga bisa Cara Memilih Degan yang Bagus  anda juga bisa membuat panggangan sosis dirumah dan Resep Masakan Bakmi Jawa Goreng Yang Lezat